Cara Blokir Akses Internet Pelanggan Dari IP Adress List

Bagi temen temen para pelaku RT RW net sebuah system keamanan memang di pandang perlu guna meminimalisir resiko terhadap klien kita yang kadang kala suka usil ingin mendapatkan jatah bandwith lebih dari  paket  yang mereka pilih.

Nah system keamanan yang akan saya bahas ini adalah dengan system Drop Ip Addrest-List . Dimana dengan system ini si calon klien akan bisa menggunakan internet sesuai IP yang telah di berikan oleh kita dan nantinya dia tidak bisa menggunakan internet jika IP yang dia masukkan tidak sesuai dengan apa yang kita berikan tadi. Bagaimana caranya? Oke kita simak langkah berikut ini.

Pertama kita buat kelompok IPnya di Adress lists missal kita memiliki IP 192.168.12.1/24, Kita akan membuat kelompok IP ini dengan nama “Modar” . Cara ini bisa dilakukan dengan input manual satu persatu IP berapa yang akan kita masukkan. Namun saya akan memberikan cara mudah dalam membuat IP adress list ini dengan menggunakan script. Silahkan copy scrypt di bawah ini

for i from 2 to 254 do={/ip firewall address-list add \ address="192.168.12.$i" list=Modar disabled=no}

Silahkan anda edit kode di atas, silahkan ganti IPnya sesuai IP jaringan andam dan nama "Modar" silahkan anda ganti sesuai kenginan anda. Kalau sudah silahkan anda copy lalu paste pada menu New Terminal tekan enter dan otomatis Adress lis sudah terbuat secara otomatis sebanyak 253 IP.
Setelah itu kita setting perintahnya. Masuk pada menu IP > Firewall pada tab Filter Rules silahkan klik tanda + (tambah). Pada tab Generan kolom Chain isi dengan forward dan kolom Out Interface isi dengan ehter output anda. Kalau saya menggunakan ether2-Out seprti pada gambar.
Pada tab Advanced kolom Dst Adress List isikan nama kelompok IP adress yang telah kita buat tadi, kalau saya menggunakan nama Modar.
Lalu pada tab Action olih menu Drop. Lalu aply OK
Sampai langkah di atas kita sudah berhasil membuat perintah. Lalu bagaimana jika kita ingin menonaktifkan internetnya pada IP tertentu? Kita pilih lagu menu IP > Firewall > Adress list. Lalu kita enable IP yang ingin kita blok internetnya, di tandai dengan warna bulat biru seperti gambar berikut ini.
Sekian dulu tutorial sederhana dari saya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like: