Cara Setting SSL HTTPS di Blogger dengan Custom Domain Anda Sendiri

Alhamdulillah, kabar baik bagi temen temen yang masih setia menggunakan platform blogspot sebagai sarana ngeblognya. Kini blogger memberikan fasilitas SSL HTTPS gratis untuk custom domain, kalau dulu ya memang ada SSL HTTPS namun hanya untuk blog yang masih benggunkan subdomain blogspot.com. Seperti blog ini dulu http://www.banksyarif.com/ dan sekarang tampilannya sudah keren menjadi https://www.banksyarif.com/. Dengan SSL HTTPS selain web kamu tampak lebih keren juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan kepada para pembaca blog kamu. Nah, lalu bagaimana sih caranya untuk mengaktifkan SSL HTTPS di custom domain blog kamu? Agar menu SSL HTTPS untuk custom domain Blogger kamu muncul, silahkan akses dashboard Blogger melalui draft.blogger.com lalu silahkan lihat di bagian Setting > Basic seperti gambar di bawah ini.
Lalu pada Ktersediaan HTTPS silahkan pilih Ya, setelah itu halaman dashboard akan me-refresh sendiri dan kemudian akan melakukan pengalihan url dari HTTP ke HTTPS atau menunggu HTTPS aktif. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit untuk benar benar aktif, dan proses ini di tunjukkan seperti pada gambar tanda panah nomor 2 di atas.
Sesekalai silahkan anda resfresh dashbord anda, jika warna kuning sudah hilang maka proses berhasil dan akan seperti pada tampilan gambar di bawah ini.
Jika tampilannya sudah sperti di atas maka blog kamu sudah dapat di akses dengan menggu HTTPS atau dengan kata lain blog kamu sudah berubah menjadi https://namablogkamu.com. Lalu jangan lupa untuk mengaktifkan Pengalihan HTTPS dengan memilih YA, tujuaanya adalah jika ada orang yang masih mengakses domian kamu dengan alamat lama makan akan mengalih secara otomatis ke domain yang sudah bersertifikas HTTPS tadi.
Nah, sekarang kan sudah aktif HTTPS kamu, maka kamu perlu melakukan penyetingan lagi di bagian template kamu silahkan kamu cari di http://namadomainkamu.com lalu kamu ganti menjadi https://namadomainkamu.com.
Nah gitu saja ya tutorialnya semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Ow iya jangan lupa share ya jika artikel ini bermanfaat


Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like: